Perbedaan UI & UX Designer

Desain adalah sebuah istilah yang sangat luas dan samar-samar. Ketika seseorang mengatakan “Saya seorang desainer,” itu tidaklah menjelaskan secara langsung apa yang sebenarnya mereka lakukan dari hari ke hari. Ada sejumlah tanggung jawab yang berbeda tercakup dalam istilah desainer Umbrella.

Banyaknya peran berbagai desain yang terkait di berbagai bidang dari desain industri (mobil, furniture) percetakan (majalah, publikasi lain) teknologi (situs web, aplikasi mobile). Dengan relatif banyaknya perusahaan teknologi yang berfokus pada menciptakan sebuah interface untuk layar tampilan, maka banyak peran desain baru yang telah muncul. Akan membingungkan dan terdengar asing untuk para designer yang berasal dari industri lain dengan sebuatan apa itu nama pekerjaan seperti UX atau desainer UI.

wassai-blog-difference-between-ui-ux-en

Masalah desain yang diberikan tidak memiliki jawaban yang benar, Maka mari kita mencoba untuk menyaring untuk setiap judul ini yang benar-benar menjadi arti dalam konteks industri teknologi.

UX DESIGNER (USER EXPERIENCE DESIGNER)

UX desainer adalah berfokus dengan bagaimana pengalaman dalam menggunakan sebuah produk . Denganh desain yang diberikan belum tentu akan memberikan pengalaman yang bagus kepada sang pengguna. UX desainer mengeksplorasi banyak pendekatan yang berbeda untuk memecahkan sebuah masalah si pengguna terhadap produk. Tanggung jawab yang luas dari desainer UX adalah untuk memastikan bahwa produk secara logis mengalir dari satu langkah ke berikutnya. Salah satu cara yang seorang desainer UX mungkin lakukan  adalah dengan melakukan tes pengguna secara langsung untuk mengamati perilaku seseorang. Dengan mengidentifikasi hambatan verbal dan non-verbal, mereka memperbaiki dan merubah untuk menciptakan pengalaman pengguna yang “terbaik”. Contoh proyek adalah menciptakan aliran orientasi yang memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengguna baru.

18b38e5

UI DESIGNER (USER INTERFACE DESIGNER)

Tidak seperti desainer UX yang peduli dengan nuansa keseluruhan produk, desainer UI (User Interface) adalah khusus memikirkan tentang bagaimana produk ditata. Mereka bertugas merancang setiap layar atau halaman dengan dimana pengguna berinteraksi dan memastikan bahwa UI visual berkomunikasi dan berjalan. Misalnya, seorang desainer UI menciptakan dashboard analytics, mungkin memuat konten yang paling penting dan ditempatkan di posisi paling atas, atau memutuskan apakah slider atau tombol kontrol paling masuk akal dan intuitif untuk menyesuaikan grafik. UI desainer juga biasanya bertanggung jawab untuk menciptakan panduan gaya kohesif dan memastikan bahwa bahasa desain yang konsisten diterapkan di produk. Menjaga konsistensi dalam elemen visual dan mendefinisikan perilaku seperti bagaimana untuk menampilkan kesalahan atau peringatan sebuah kondisi yang jatuh di bawah lingkup desainer UI.

17c4422

Dalam sebuah website maupun mobile aplikasi sangat penting sekali memperhatikan sebuah UX & UI dan saat ini di indonesia sangat dibutuhkan banyak sekali tenaga ahli yang menguasai bidang ini. Apakah kamu berminat menjadi UI & UX designer?.

 

 

24/10/2016

0 responses on "Perbedaan UI & UX Designer"

Leave a Message

Your email address will not be published. Required fields are marked *

All rights reserved. © 2015-2018 Bangsacerdas.com.